LISTENING

Dari dulu saya selalu berusaha menjadi pendengar yang baik. Demikian juga selalu jadi pendorong semangat bagi siapa pun – teman, sahabat, keluarga juga pasangan - yang ingin merubah hidupnya jadi lebih baik lagi.

Saya juga pernah menjadi pembawa keberuntungan. Bagi mereka yang mau mendengar ‘nasehat’ dan mengikuti ‘petunjuk’ yang saya bagi pada mereka. Beberapa teman berhasil menjual dengan sukses. Beberapa teman berhasil dengan hubungannya, beberapa juga bersedih karena memang sudah seharusnya terjadi. Maaf, jika suatu waktu memang ‘petunjuk’ saya itu akan menyakitkan hati kalian. Tidak pernah ada maksud menyakiti atau apapun yang bersifat negatif. Hanya kadang kenyataan memang tidak seindah yang terpikirkan. Jika memang pendapat saya yang kalian minta, maka itulah yang saya ucapkan. Apapun itu, saya hanya berusaha jujur.

Saya bukan paranormal atau peramal kawakan. Jadi saya bisa juga salah. Saya hanya peduli pada kalian. Oleh sebab itu kadang perkiraan bisa meleset, karena permainan perasaan yang salah.

Saran saya, jangan terlalu bermain perasaan dalam menganalisa sesuatu. Jika kamu juga menjadi salah satu pendengar setia dari temantemanmu, cobalah untuk mengesampingkan perasaanmu dulu. Jangan campurkan emosi dalam memberi nasehat. Cobalah untuk memberikan empati. Akan lebih berarti lagi jika kamu pernah mengalami hal yang sama seperti yang dia ceritakan. Jadi kamu bisa berbagi berdasarkan pengalaman pribadimu.

Jangan mengejeknya,
Jangan merendahkannya,
Jangan pula memasang muka masam,

Tapi rangkullah dia, bisikkan kalimatmu dengan halus,
Bukan dengan teriakkan atau keacuhanmu…

Orang bilang mencari musuh itu gampang. Seperti menjentikkan jari dan juga kedipan mata. Tapi, mencari teman sejati yang bisa setia menemani layaknya pasangan abadi, itu tidak mudah.

Sebab itu, jika ada saatnya berdamai dengan masa lalu. Berdamailah. Bukan dengan basabasi yang basi. Melainkan benarbenar, memaafkan dengan tulus. Dari hati terdalam. Hingga hatimu merasa lega, dan jiwamu bebas bercengkrama lagi dengan perasaan yang terkungkung.

Terus terang, tidak semua orang bisa melakukan ini. Tidak ada hal yang tidak butuh proses. Semua hal yang berhubungan dengan mahkluk lain, pasti membutuhkan proses. Hanya kita mau atau tidak berusaha dan belajar dari hari ke hari, untuk menjadi yang lebih baik lagi.


Thanks for all the ears, guys!
Peace be with you, always, dear friends biggrin

Share:

2 comments

  1. karena memang kadang seorang yang datang tidak butuh apa apa selain buat didengar...

    beruntung kalau menemukan seseorang buat mendengar :)

    BalasHapus
  2. bener, Mba!
    kadang memang cukup untuk didengar...

    BalasHapus