[Jejak KakiKu]

DESIDERATA
By Max Ebrmann


I found something good to read :)

+++++++++++++++++++++++++++++
Pergilah dengan tenang diantara kebisingan dan ketergesaan, dan ingatlah ketentraman yang ada dalam kesunyian. Sejauh mungkin tanpa menyerah, berbaiklah dengan semua orang. Ucapkan kebenaranmu dengan tenang dan jelas; dan dengarkan orang lain, bahkan yang membosankan dan yang bodoh; mereka juga mempunyai kisah masing-masing.

Hindari orang yang nyaring dan agresif, mereka sungguh menyebalkan. Kalau kamu membandingkan dirimu dengan orang lain, kamu mungkin akan sedih atau merasa hampa, karena selalu ada orang yang lebih hebat atau lebih jelek daripada dirimu. Nikmatilah apa yang kamu raih dan rencanamu.

Tetaplah menaruh minat dalam kariermu, betapapun rendahnya; pekerjaanmu adalah milikmu yang nyata dalam waktu yang terus berubah, yang memberikan keuntungan. Berhati-hatilah dalam masalah bisnis; karena dunia penuh dengan tipu daya. Tapi jangan biarkan hal ini membutakanmu pada ketulusan yang ada; banyak orang mencoba meraih idealisme tinggi; dan dimana-mana kehidupan penuh dengan kepahlawanan.

Jadilah dirimu sendiri. Terutama, jangan berpura-pura mengasihi. Tapi jangan sinis tentang kasih; karena dihadapan semua kegersangan dan keburukan itu, kasih adalah seabadi rumput.

Terimalah kebajikan tahun-tahun yang kamu lalui, serahkan baik-baik segala hal dari masa muda. Pupuklah kekuatan semangat untuk melindungimu dalam musibah mendadak. Tapi jangan ganggu dirimu dengan khayalan. Banyak rasa takut yang dilahirkan dari kelelahan dan kesepian. Dibalik disiplin, berbaiklah pada dirimu sendiri.

Kamu adalah anak alam semesta, tidak berbeda dengan pohon dan bintang; kamu berhak ada disini. Dan entah hal ini jelas bagimu atau tidak, tak diragukan lagi, alam semesta terbuka sebagaimana mestinya.

Karena itu, berimanlah pada Tuhan, apapun keyakinanmu, dan apa pun pekerjaan dan cita-citamu, dalam hiruk pikuknya kehidupan, berdamailah dengan jiwamu.

Dengan segala tipu daya itu, pekerjaan yang tidak menarik, dan impian yang hancur, dunia tetap indak.

Cerialah.

Berusahalah untuk bahagia.


+Courtesy of Chicken Soup for the Teenage Soul+

++++++++++++++++++++++++++++++++++

Mesti baca bahasa inggrisnya kayaknya lebih menyentuh kali yah? Desiderata - English version Terjemahannya, gak sengaja nemu di tumpukan fotokopi tugas kuliah jaman dulu. Tulisan-tulisan yang kadang membuat kita mengingat lagi tentang hidup. :)

Sekilas tulisan bagian akhir diatas yang tentang "...anak alam semesta..." ngingetin gue sama puisinya Khalil Gibran yang judulnya On Children

Hmmmm, jadi pengen nulis puisi lagi. Tapi entah yah kapan deh....

Have a great weekend y'all!




Share:

3 comments

  1. Jadi inget sama sebuah link lama yang pernah gue ketemu di Slashdot; judulnya Gamer's Desiderata...

    Gamer's Desiderata ditulis oleh Nathan Myers; dari dia gue ketemu tulisan tentang consensus trance

    Desiderata yang asli sendiri ditulis oleh Max Ehrmann

    Gue dulu kayanya pernah posting mengenai ini; cuma gue lagi males nyari di blog gue sendiri :p

    BalasHapus
  2. *berusaha menjawab dengan lagak poser filosofi*

    *berusaha*

    *berusaha*

    Wah, bagus tulisannya..

    *duh!*

    :p

    BalasHapus
  3. well, welcome to my blog truegossiper. Hope I know you from somewhere...

    BalasHapus