HOW SLEEP HELPS


Setelah sekian lama tidak menulis, kemarin mencoba untuk menyadur tulisan dibawah ini Facebook milik kantor, agar dapat menjadi bahan tulisan juga, mengapa tidak dibagikan disini sekalian?

I know it's been a while, will starting to write again very soon, do help to follow and promote this blog again, will ya? :D

==========

Reviewed by Helene Emsellem, MD, associate clinical professor of neurology at George Washington University Medical Center and author of Snooze or Lose: 10‘No-War' Ways to Improve Your Teen's Sleep Habits.

Tidur kelihatannya seperti membuang waktu. Banyak orang memilih membalas e-mail, cuci piring, berkebun, atau melakukan hal yang lainnya, daripada tidur. Tapi, penelitian membuktikan bahwa, semua pekerjaan dapat berjalan dengan baik – dengan perasaan lebih tenang- jika kita sangat cukup tidur.

Tentu saja, tidak mudah untuk tidur ketika kita sedang banyak pikiran. Kenyataannya, hampir 2/3 orang di belahan dunia tertentu mengaku bahwa mereka tidak bisa tidur nyenyak, karena stress. Sangat disayangkan sekali, karena tidur dapat memerangi beberapa hal yang membuat kita stress, dan kurang tidur juga dapat dikaitkan dengan beberapa masalah serius, termasuk:

·        Resiko lebih besar untuk depresi dan kecemasan
·        Peningkatan resiko penyakit jantung dan kanker
·        Gangguan ingatan
·        Mengurangi fungsi sistem kekebalan tubuh
·        Mempengaruhi berat badan
·        Kemungkinan resiko kecelakaan lebih besar


Apakah Istirahatmu Cukup?

Para ahli menyarankan orang dewasa mendapatkan tujuh atau sembilan jam tidur malam. Tetapi, setiap orang berbeda, mungkin ada orang yang membutuhkan waktu lebih panjang jika masih belum tidur sampai tengah malam (atau 2 dini hari)

Untuk menilai apakah Anda cukup tidur,cobalah jawab pertanyaan dibawah ini:

·        Apakah saya selalu merasa lelah?
·        Berapa banyak saya minum kopi hari ini?
·        Apakah saya tidur nyenyak?
·        Apakah saya bangun tidur merasa segar?
·        Apakah saya merasa mengantuk saat nonton TV atau menyetir kendaraan?

Akhir kata, semoga Anda dapat merasakan tidur lebih nyenyak, karena akan menjaga vitalitas kegiatan harian Anda. Jika Anda tidur cukup, maka apapun yang dikerjakan dapat berjalan sesuai dengan keinginan. Saran saya, kurangi minum kopi, berolahraga, dan lakukan hobi Anda diwaktu senggang, bersama teman atau keluarga. Ketika stress berkurang, maka tidur pun terasa lebih nyenyak.


Sleep well, dream well then live well!

Share:

0 comments